Steve Jobs (Founder Of Apple) Meninggal Dunia, Saham Apple Pun Tergelincir 2.5 %

4:31 AM 1 Comments


Apple baru saja kehilangan salah satu pendiri perusahaan Apple Inc. Steve Jobs. Steve Jobs dikabarkan meninggal oleh pihak Apple Rabu malam waktu Amerika Serikat.

Menurut data, pria ini memang sudah mengidap penyakit kanker pankreas sejak tahun 2004

Pria yang tutup usia pada 56 tahun ini mengidap kanker pankreas sejak 2004. Apple Inc., perusahaan yang ia dirikan bersama Steve Wozniak, menyebarkan memo yang berasal dari CEO baru mereka, Tim Cook.

“Apple kehilangan seorang visionaris dan jenius yang kreatif. Dunia pun kehilangan seorang manusia yang luar biasa,” demikian Apple.

“Mereka yang beruntung bisa mengenal Steve dan bekerja dengannya, kehilangan seorang kawan dan mentor yang menginspirasi. Hanya Steve yang bisa membangun Apple dan semangatnya akan selalu menjadi fondasi perusahaan ini.”

Jobs, yang sempat digulingkan dari Apple pada 1985, kembali di akhir 1990-an ketika Apple sudah mendekati kebangkrutan. Ia akhirnya mengembalikan pamor perusahaan, dengan membawa industri baru dari musik ke ponsel.


Mengutip Bloomberg, saham tergelincir 1,9 persen atau setara dengan $ 364,82 pada pukul 09:48 di Frankfurt. Indeks berjangka Nasdaq-100 yang berakhir pada Desember naik 0,4 persen menjadi 2.176. Apple, yang memiliki bobot terbesar di antara semua saham di Nasdaq-100 berada pada 15 persen, dihentikan sebelum pengumuman dan tidak dilanjutkan sebelum berakhirnya sesi perdagangan yang diperpanjang.

Jobs, yang mengundurkan diri sebagai CEO pada 24 Agustus 2011, meninggal kemarin. Dia didiagnosis pada tahun 2003 dan menderita tumor neuroendokrin, sejenis kanker pankreas, dan menjalani transplantasi hati pada 2009.

"Penurunan saham pagi ini adalah reaksi shock," kata Andreas Lipkow, trader saham di MWB Fairtrade Wertpapierhandelsbank AG di Frankfurt. "Dalam posisinya sebagai seorang visioner saya pikir ia mengorganisir hal-hal dan saya pikir CEO baru akan menjalankan hal-hal yang benar-benar baik."

Pengumuman Jobs meninggal datang satu hari setelah chief executive officer Tim Cook memperkenalkan iPhone baru, menandai pembukaan produk yang pertama sejak mengambil kendali. Untuk mempertahankan pertumbuhan Apple, ia harus mencari pasar baru, melanjutkan ekspansi di Asia dan menerapkan pergeseran untuk komputasi berawan.

Harga saham Apple telah meningkat lebih dari 9.000 persen sejak Jobs kembali ke perusahaan pada tahun 1997. Saham memiliki lebih dari dua kali lipat dalam dua tahun terakhir, sementara Microsoft Corp telah memperoleh 5,1 persen dan Intel Corp telah meningkat 14 persen. Hewlett-Packard Co jatuh 48 persen. Keberhasilan iPhone telah membantu Apple dalam mengatasi gejolak pasar saham dan pengunduran diri CEO Apple, yang membuat perusahaan kelas dunia ini menjadi paling berharga.

Investor memiliki reaksi berbeda sejak Jobs mengundurkan diri sebagai CEO. Saham naik lebih dari 7 persen pada bulan setelah ia mengundurkan diri, dan sejak itu tergelincir kembali. Saham naik $ 5,75 ke $ 378,25 kemarin di Nasdaq Stock Market, nilai perusahaan di harga $ 351 miliar.

"Model bisnis Apple akan terus, tapi Steve Jobs adalah inovator produk dan pencipta cerdas yang paling tepat dari merek dalam sejarah," kata Daniel Weston, adviser portofolio Schroeder Equities GmbH di Munich. "Seseorang seperti dia tidak akan tergantikan selama hidup kita."

Saham rivalnya di Asia dan Eropa meningkat. Samsung Electronics Co naik 1,5 persen di Seoul. LG Electronics Inc naik 6,3 persen. Nokia Oyj (NOK1V) naik 1,8 persen di bursa saham Helsinki.

"Orang melihat sekarang bahwa Steve Jobs tidak datang kembali dan ada risiko penurunan inovasi, karena dia menciptakan produk inovatif yang menciptakan merek yang fantastis," kata Helena Nordman-Knutson, analis teknologi di Stockholm dengan Oehman.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 comment:

  1. Saham Apple sempat tergelincir? Saya rasa demikianlah fluktuasi pasar saham yang lumrah terjadi. Namun demikian bisnis Apple terus berkembang pesat. Memang demikian faktanya. Seperti laporan http://bit.ly/1diB7Yn , bahwa di kuartal pertama tahun 2014 ini saja, penjualan Apple terbilang tinggi. Dan, tentu saja ini menambah optimisme perusahaan kalau mereka akan terus menggeliat terus ke depannya.

    ReplyDelete